Ads 720 x 90

Busana Yang Digunakan Dalam Tari Topeng Klana Adalah

3192018 Busana teatrikal adalah tata busana yang khusus digunakan dalam pertunjukan. Seperti dikutip dalam buku Bahan Ajar Tari Topeng Cirebon III Klana oleh Risyani dan Nunung Nurasih bahwa.


Tari Topeng Ketahui Lebih Dalam Dan Referensinya Rachna Sandika

Tokoh Klana seringkali diinterpretasikan dengan tokoh Rahwana atau Raksasa.

Busana yang digunakan dalam tari topeng klana adalah. Tari Topeng Kelana adalah gambaran seseorang yang bertabiat buruk serakah penuh amarah dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsu ditandai dengan warna merah dari kedoknya. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Data budaya ini dilengkapi foto kostum penari secara keseluruhan umum.

Segi bentuk dan bagian 1. 10242020 Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana di antaranya celana kain sabuk selendang penutup kepala hiasan dada hiasan tangan dan hiasan kaki. 6262020 Berbeda dari topeng-topeng sebelumnya yang memfilosofikan siklus kehidupan manusia Topeng Kelana adalah jenis topeng yang menggambarkan seseorang yang sedang marah.

Untuk hiasan di pinggang digunakan Ikat pinggang atau sabot yang terbuat dari logam biasa disebut Badong. Klana adalah salah satu karakter yang ada pada tari tersebut. Pada akhirnya Tari Klana Topeng yang semula merupakan tarian rakyat jelata menjadi sebuah tarian kaum bangsawan pada masa itu.

Dalam tari topeng Cirebon bisa berbeda tiap daerah kelengkapan dibagian kepala yaitu kedok topeng jamang tekes makuta siger dan rarawis atau sumping. Demikian halnya dengan karakter yang ditampilkan ialah perbedaan karakter gerak gagah gerakan kembang murag gerakan pakbang dan gerak gobang. Hasil penelitian menunjukan makna Tari Topeng Klana terdapat pada.

Gaya kostum dalam pertunjukan tari Cirebon ini dianggap terpengaruh dari budaya kraton. Keris dalam tarian ini memiliki makna tersendiri yaitu melambangkan kekuatan status sosial kebangsawanan dan tokoh kesatriaan. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit.

Adapun karakter-karakter yang ada pada tarian ini merupakan perwujudan dari watak manusia yang serakah penuh amarah ambisius dan sifat-sifat gelap lainnya yang secara alami ada pada diri manusia. 3192018 Dalam artikel ini membahas dasar-dasar dan cara-cara penggunaan tata rias dan tata busana dalam tari Bali. Hiasan pinggang biasa juga diganti ikat pinggang yang bersifat praktis terbuat dari kain beludru dan ada penutup pada bagian bawahnya yang disebut Tutup Rasa.

Tidak kalah pentingnya tata rias termasuk topeng dan busana merupakan elemen yang sangat dibutuhkan untuk karakterisasi derajat atau status sosial dari tarian serta peran yang. Tujuan pembahasan ini adalah untuk menjelaskan bahwa tata rias dan busana adalah unsur penentu bagi keberhasilan suatu sajian tari Bali. Tokoh ini pada tari topeng merupakan inti dari pertunjukan dimana tarian.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Dikatakan sebagai hiasan paling agung di antara hiasan kepala raja jenis lainnya seperti Songkok Duryudana yang masih dimungkinkan dipakai. Data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi yang diabsahkan dengan triangulasi kemudian dianalisis menggunakan tahap-tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan.

Dalam menarikan tari topeng kelana Cirebon selain memerlukan kriteria penari yang di-paparkan di atas dalam menarikan tari topeng Cirebon terdapat pembagian tingkatan pe-nilaian pada setiap penarinya. Busana yang digunakan adalah selendangsamping baju sontog sampur stagen junakerodong kace boroangkinbadongketimang udeng kalung ringgitkoin mas dasi gelang tangan gelang kaki. Namun dalam tarian ini hanya tokoh bangsawan saja yang memakainya.

Pada sisi lain gerakan- gerakan tari dilakukan secara spontan yakni pada salah satu bagian ucapan selamat datang dan ungkapan tentang nasehat nasehat kehidupan yang disampaikan oleh Dalang dalam mendukung tema gagasan yang dilakukan penari pada pertunjukan Tari Topeng Klana. Tata busana Tari Klana Raja penari dipakaikan teropong mahkota seperti yang dipakai oleh Prabu Baladewa- Suteja. 12312014 Banyak istilah pakaian digunakan sebagai kelengkapan busana yang setidaknya merupakan identitas pertunjukan Tari Topeng Cirebon.

1162018 Busana yang digunakan berupa kain jarik celana panji cinde sampur hiasan kepala berupa songkok dengan bledhegan dan keris branggah. Motif kain yang digunakan dalam tutup rasa disesuaikan dengan karakter tokoh tari topeng. Struktur Gerak Tari Topeng Klana Gaya Sumedang Gerak tari Topeng Klana gaya Sumedang memiliki ciri khas yakni pada bagian larap yakni gerak penghubung yang hanya ditemukan pada tari topeng Klana Sumedang.

Berdasarkan latar belakang metoda penelitian dan landasan teori yang digunakan Tema struktur gerak melarap hanya ditemukan pada Tari Topeng Klana Sumedang yang berkaitan dengan kreativitas seniman. Keris merupakan senjata khas dari masyarakat Jawa dan biasanya properti ini digunakan sebagai dalam tari topeng. Berdasarkan desainnya tata busana teatrikal dapat dibedakan menjadi busana sesaputan awiran busana pawayangan bagi peran-peran putra.


15 Properti Tari Topeng Lengkap Dengan Gambar Haipedia Com


15 Properti Tari Topeng Lengkap Beserta Gambar Dengan Deskripsi


Tari Topeng Sejarah Filosofi Gambar Dan Penjelasannya


Tari Topeng Cirebon Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


15 Properti Tari Topeng Lengkap Beserta Gambar Dengan Deskripsi


Topeng Kelana Dan 5 Tari Topeng Lain Asal Cirebon Yang Punya Makna Mendalam Meski Telah Langka Tribun Travel


Lengkap Tari Topeng Cirebon Sejarah Fungsi Kostum Properti Video


Lengkap Tari Topeng Cirebon Sejarah Fungsi Kostum Properti Video


Sosok Rahwana Dalam Tari Topeng Kelana Indonesia Kaya


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter